Sejumlah Opsi Bagi Pekerja di Masa PPKM Darurat
SUARA
PHASIVIC
26 July, 2021

Sejumlah Opsi Bagi Pekerja di Masa PPKM Darurat

TANGERANG, NSM – Demi memaksimalkan penanganan Covid-19, Menteri Ketenagakerjaan Bu Ida Fauziyah meminta kepada perusahaan khususnya yang berada di sektor esensial untuk memperketat waktu kerja. Hal ini agar target Pelaksanaan Pemberlakuan PPKM Darurat dapat tercapai dengan maksimal.

“Menanggapi situasi dunia usaha dalam masa PPKM Darurat ini maka dibutuhkan penyesuaian terkait jumlah pekerja di perusahaan, pelaksanaan prokes di tempat kerja, penyesuaian waktu kerja dan dampaknya terhadap hak-hak pekerja” ujar Bu Ida, hari Rabu (14/7).

Melalui Inmendagri sektor esensial menjadi salah satu sektor yang diizinkan untuk bekerja dari kantor (WFO) hingga mencapai 50 persen saja. Meski begitu, perusahaan di sektor esensial diharapkan lebih memperketat waktu kerja guna memaksimalkan PPKM Darurat.

“Sepanjang dipastikan telah memenuhi kriteria dalam Inmendagri, maka perusahaan di sektor esensial dapat membuat opsi-opsi untuk memaksimalkan proses produksi” jells Bu Ida.

Opsi yang dimaksudkan adalah pekerja/buruh hanya bekerja selama 15 hari dalam waktu satu bulan, sisa hari lainnya bekerja dari rumah (WFH). Opsi lainnya adalah penerapan shift kerja di perusahaan agar tidak terjadi penumpukan pekerja pada shift yang sama.

Untuk rincian yang lebih lanjut lagi, Bu Ida mengatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan panduan dan pedoman pelaksanaan lapangan.

Sumber Berita : @Kemnaker/Instagram
Sumber Foto : indozone.id
Edited Teks : Desi Oktavionika S.I.Kom

Desi Oktavionika S.I.Kom – NSM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *