Semarang – Polres Semarang tangkap tiga pelaku pencurian motor spesialis motor matic.

Mereka adalah Danang Lilva Faza (19), Imam Safii (34) dan Abdul Jalil (34), ketiganya warga Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.

“Ketiga tersangka ini menggunakan alat baru yang mereka ciptakan sendiri untuk membuka penutup kunci kontak, berupa kunci magnet,” kata Kapolres Semarang AKPB Adi Sumirat kepada wartawan di Mapolres Semarang, Senin (10/2).

Kunci magnet tersebut terbuat dari bekas sikat gigi yang dibentuk sedemikian rupa dan ditempel magnet untuk membuka penutup kunci kontak. Setelah penutup kunci kontak terbuka, mereka merusak kunci kontak dengan kunci T.

“Untuk membuka dari awal sampai bisa distarter butuh waktu kurang dari satu menit,” jelas Kapolres

Berdasarkan hasil penyidikan selama satu tahun terakhir ini mereka berhasil mencuri 50 kendaraan matic jenis Honda Beat dan Vario di wilayah Kabupaten Semarang dan sekitarnya.

“Motor itu mereka jual ke empat penadah di Mranggen, Demak, semuanya sudah kami amankan. Satu motor dijual antara Rp 2-5 juta tergantung kondisi barang dan tahun produksi,” ujarnya.

Salah satu pelaku, Danang mengaku bahwa dirinya yang membuat alat pembuka alat penutup kunci kontak.

“Saya mendapat ide dari uji coba, kemudian behasil. Alat itu yang kami gunakan untuk beraksi,” terang Danang

Danang mengaku, dirinya mencari sepeda motor matic jenis Honda Beat dan Vario karena lebih mudah dibuka menggunakan alat ciptaannya dibandingkan kendaraan jenis lainnya.

“Selain itu mudah laku dipasaran sepeda motor curian,” ujar Danang.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, mereka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal hukuman tujuh tahun penjara.

Kasat Reskrim Polres Semarang, AKP Rifeld Contantien Baba berharap masyarakat dapat memparkir kendaraan di tempat yang aman, serta memberi kunci pengaman tambahan untuk menghindari aksi pencurian.

“Kunci pengaman tambahan perlu dipasang untuk menghindari aksi pencurian,” jelas Kasat Reskrim

https://suara-phasivic.com/wp-content/uploads/2020/02/IMG-20200210-WA0076-1024x768.jpghttps://suara-phasivic.com/wp-content/uploads/2020/02/IMG-20200210-WA0076-150x150.jpgHukumKriminalPOLRISosial BudayaSemarang - Polres Semarang tangkap tiga pelaku pencurian motor spesialis motor matic. Mereka adalah Danang Lilva Faza (19), Imam Safii (34) dan Abdul Jalil (34), ketiganya warga Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. 'Ketiga tersangka ini menggunakan alat baru yang mereka ciptakan sendiri untuk membuka penutup kunci kontak, berupa kunci magnet,' kata Kapolres...