Polda Metro: Polisi Bakal Gencarkan Razia Travel Gelap Hingga Idul Adha
SUARA
PHASIVIC
26 July, 2021

Polda Metro: Polisi Bakal Gencarkan Razia Travel Gelap Hingga Idul Adha

JakartaNSM Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menegaskan, polisi bakal menggencarkan razia terhadap travel gelap beberapa hari ke depan.
Tindakan tersebut diterapkan guna mengantisipasi mobilitas warga pada hari Idul Adha pekan depan.

“Dalam beberapa hari ini, kita akan melaksanakan operasi travel gelap. Jadi silakan teman-teman yang hendak melakukan perjalanan mengurungkan niatnya menggunakan travel gelap,” katanya di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya Jakarta, seperti dikutip detiknews.com, Sabtu (17/7/2021).

Razia terhadap travel gelap juga dilakukan untuk memastikan syarat perjalanan selama PPKM darurat tetap terjaga.

“Kami mengimbau ini kan menjelang Idul Adha, semua jalan tol menuju Jabar, Jateng, dan Jatim ditutup dan dilaksanakan penyekatan pemeriksaan terhadap semua kendaraan,” imbuhnya.

Warga yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota selalu diminta memenuhi sejumlah syarat. Beberapa syarat itu mulai dari mengantongi kartu vaksin dosis pertama dan keterangan negatif korona dari hasil swab antigen ataupun PCR.

“Hanya kendaraan yang esensial dan kritikal dan mempunyai syarat-syarat perjalanan ini yang bisa melintasi titik penyekatan untuk menjamin bahwa masyarakat yang bepergian mengikuti aturan prokes,” tegasnya.

Sampai saat ini, polisi telah mengamankan 36 bus AKAP yang melanggar aturan PPKM darurat. Semua bus ini mengangkut penumpang tanpa mengikuti prosedur syarat perjalanan selama ketentuan PPKM darurat berlangsung.

“Penumpangnya tidak membawa ketentuan tersebut, tidak membawa kartu vaksin, surat swab antigen dan sebagainya,” ungkap Sambodo.

Total ada 900 calon penumpang dari 36 bus yang diamankan tersebut. Bus yang melanggar ini kemudian diberi sanksi tilang oleh kepolisian.

Perlu diketahui, polisi menindak sopir tersebut atas pelanggaran Pasal 308 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan denda Rp 500 ribu dan/atau kurungan dua bulan.

(Al-Afgani Hidayat, Lc., S.H)

Sumber berita: newsdetik.com
Sumber Foto: lider.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *